Olahraga Mengecilkan Perut di Rumah untuk Wanita

  • Bagikan
Olahraga Mengecilkan Perut di Rumah untuk Wanita
Olahraga Mengecilkan Perut di Rumah untuk Wanita

TOKOHWANITA.CO.IDOlahraga Mengecilkan Perut di Rumah untuk Wanita  РPerut buncit atau perut yang membesar dapat menjadi masalah bagi banyak wanita. Selain dapat memengaruhi penampilan fisik, perut buncit juga dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Cara Mengecilkan Perut Buncit untuk Wanita

Salah satu cara untuk mengecilkan perut adalah dengan melakukan olahraga. Namun, tidak semua wanita memiliki waktu atau kesempatan untuk pergi ke gym atau tempat fitness. Berikut adalah beberapa olahraga mengecilkan perut di rumah yang dapat dilakukan oleh wanita.

1. Plank

Plank adalah salah satu olahraga yang dapat membantu mengecilkan perut. Olahraga ini melibatkan gerakan menahan tubuh dengan posisi tubuh sejajar dengan lantai. Untuk melakukan plank, caranya adalah sebagai berikut:
Berbaringlah dengan posisi perut di atas matras.

  • Angkat tubuh dengan menopang berat badan pada siku dan jari kaki.
  • Pastikan tubuh tetap sejajar dengan lantai dan tahan posisi selama beberapa detik.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 3-5 kali dengan waktu tahan yang semakin lama.

2. Crunches

Crunches adalah salah satu olahraga terbaik untuk mengecilkan perut. Olahraga ini melibatkan gerakan mengencangkan otot perut. Untuk melakukan crunches, caranya adalah sebagai berikut:

  • Berbaringlah dengan posisi punggung di atas matras.
  • Tekuk lutut dengan kaki rata di lantai.
  • Letakkan tangan di belakang kepala dan angkat kepala dan bahu dari lantai.
  • Tekan otot perut dan kembali ke posisi semula.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

3. Mountain Climber

Mountain climber adalah olahraga yang melibatkan gerakan menirukan gerakan pendaki gunung. Olahraga ini dapat membantu membakar lemak dan mengecilkan perut. Untuk melakukan mountain climber, caranya adalah sebagai berikut:

  • Berbaringlah dengan posisi push-up.
  • Angkat satu kaki dan bawa lutut ke arah dada.
  • Kembali ke posisi semula dan lakukan gerakan yang sama dengan kaki yang berbeda.
  • Lakukan gerakan ini secara bergantian selama 30 detik.

4. Burpees

Burpees adalah olahraga yang melibatkan gerakan jongkok, push-up, dan lompatan. Olahraga ini dapat membantu membakar lemak dan mengecilkan perut. Untuk melakukan burpees, caranya adalah sebagai berikut:

  • Berdirilah dengan posisi tegak.
  • Jongkoklah dan letakkan tangan di lantai.
  • Dorong kaki ke belakang dan lakukan push-up.
  • Tarik kaki ke arah dada dan berdiri kembali.
  • Lakukan lompatan ke atas dan ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

5. Bicycle Crunches

Bicycle crunches adalah olahraga yang melibatkan gerakan menirukan gerakan bersepeda. Olahraga ini dapat membantu mengencangkan otot perut dan mengecilkan perut. Untuk melakukan bicycle crunches, caranya adalah sebagai berikut:

  • Berbaringlah dengan posisi punggung di atas matras.
  • Letakkan tangan di belakang kepala dan tekuk lutut sehingga kaki terangkat dari lantai.
  • Bawa siku sebelah kanan ke arah lutut sebelah kiri dan sebaliknya.
  • Lakukan gerakan ini secara bergantian selama 10-15 kali.

6. Jumping Jacks

Jumping jacks adalah olahraga yang melibatkan gerakan melompat dan membuka dan menutup kaki dan tangan. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan detak jantung dan membakar lemak. Untuk melakukan jumping jacks, caranya adalah sebagai berikut:

  • Berdirilah dengan posisi tegak dengan kaki dan tangan rapat di samping tubuh.
  • Loncatlah dan segera buka kaki dan tangan di samping tubuh.
  • Kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan ini selama 30-60 detik.

7. Russian Twist

Russian twist adalah olahraga yang melibatkan gerakan memutar tubuh dan mengencangkan otot perut. Olahraga ini dapat membantu mengecilkan perut dan membentuk otot perut. Untuk melakukan russian twist, caranya adalah sebagai berikut:

  • Duduklah dengan posisi lutut ditekuk dan kaki rapat di lantai.
  • Pegang benda berat seperti bola kedua di depan dada.
  • Putar tubuh ke kiri dan letakkan bola kedua di sebelah kiri tubuh.
  • Putar tubuh ke kanan dan letakkan bola kedua di sebelah kanan tubuh.
  • Lakukan gerakan ini secara bergantian selama 10-15 kali.

8. Side Plank

Side plank adalah olahraga yang melibatkan gerakan menahan tubuh dengan posisi tubuh miring. Olahraga ini dapat membantu mengencangkan otot perut dan menguatkan otot inti. Untuk melakukan side plank, caranya adalah sebagai berikut:

  • Berbaringlah dengan posisi miring di atas matras dengan satu siku dan jari kaki menopang berat badan.
  • Angkat pinggang sehingga tubuh tetap sejajar dengan lantai.
  • Tahan posisi selama beberapa detik dan kembali ke posisi semula.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 3-5 kali dengan waktu tahan yang semakin lama.

9. High Knees

High knees adalah olahraga yang melibatkan gerakan mengangkat lutut setinggi mungkin saat berlari di tempat. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan detak jantung dan membakar lemak. Untuk melakukan high knees, caranya adalah sebagai berikut:

  • Berdirilah dengan posisi tegak dan mulailah berlari di tempat.
  • Angkat lutut setinggi mungkin dengan pergelangan kaki yang fleksibel.
  • Ulangi gerakan ini secara bergantian selama 30-60 detik.

10. Reverse Crunches

Reverse crunches adalah olahraga yang melibatkan gerakan mengangkat panggul dari lantai. Olahraga ini dapat membantu mengecilkan perut dan mengencangkan otot perut bagian bawah.

Untuk melakukan reverse crunches, caranya adalah sebagai berikut:

  • Berbaringlah dengan posisi punggung di atas matras dan letakkan tangan di samping tubuh.
  • Tekuk lutut dan angkat kaki hingga betis sejajar dengan lantai.
  • Angkat panggul dari lantai dan tekuk perut ke arah dada.
  • Kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan ini selama 10-15 kali.

Setiap olahraga yang disebutkan di atas dapat dilakukan di rumah dengan mudah tanpa peralatan khusus. Namun, pastikan untuk konsisten dalam melakukannya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sumber:

“5 Simple Exercises to Reduce Belly Fat at Home.” Healthline, 2022, www.healthline.com/nutrition/exercises-to-reduce-belly-fat-at-home.

“15 Best Exercises to Lose Belly Fat for Women and Men.” Women’s Health, 2022, www.womenshealthmag.com/fitness/g35167448/best-exercises-to-lose-belly-fat/.

“10 Effective Exercises to Reduce Waist Size.” Times of India, 2022, timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/fitness/10-effective-exercises-to-reduce-waist-size/articleshow/63073671.cms.

Kunjungi : Bestie.or.id

Klik

Klik SMK

ROK

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *