Pondok Pesantren Berlokasi Di Pusat Kota Yogyakarta Dekat Kampus UGM, UIN SUKA, UNY

  • Bagikan
manfaat keragaman sosial budaya indonesia;

TOKOHWANITA.CO.ID – Bagi para calon mahasiswa yang akan berkuliah di Yogyakarta sekaligus ingin memperdalam ilmu agama, ada beberapa rekomendasi pondok pesantren yang dekat dengan kampus UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga dan sekitarnya, sehingga jangan khawatir bagi calon mahasiswa yang tidak mempunyai kendaraan bermotor. Pondok pesantren yang direkomendasikan ini memiliki kualitas yang cukup bagus serta fasilitas yang memadai. Selain itu, pondok pesantren yang berlokasi di pusat Kota Yogyakarta, tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi para santri, di mana dekat dengan tempat wisata seperti Malioboro, Tugu Yogyakarta, Tamansari dll, serta dekat dengan pusat perbelanjaan, seperti Mirota kampus dan Pamela. Adapun beberapa rekomendasi pondok pesantren berlokasikan di pusat Kota Yogyakarta yang dekat dengan kampus UGM, UIN SUKA dan UNY adalah sebagai berikut:

1. Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo

Koleksi Pribadi

Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo terletak di pusat kota Yogyakarta, yang beralamatkan di Jl. Balirejo UH II/531 A, Mujamuju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165. Secara resmi, pondok pesantren Ulul Albab Balirejo ini berdiri pada tanggal 3 Maret 2013. Berdirinya Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo didasari semangat untuk ikut berperan dalam menjaga moral bangsa dan sebagai upaya meneruskan perjuangan para ulama terdahulu dan agar generasi-generasi kedepannya mempunyai moral yang baik serta dapat menularkannya lagi ke generasi berikutnya.

Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo mempunyai Visi dan Misi yang jelas untuk untuk pengembangan generasi indonesia. Visi Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo adalah Menjadi lembaga tafaqquh fiddin yang mampu mencetak generasi yang berwawasan luas dan berakhlaqul karimah, dan Misi Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo yaitu; pertama, Menyelenggarakan pendidikan Tahfidzul Qur’an dan Madrasah Diniyyah, kedua, Membekali santri dengan wawasan keilmuwan dan kemasyarakatan berbasis Teknologi Informasi, dan ketiga, Menyelenggarakan pembinaan ruhani dan pembangunan karakter, keempat, mencetak santri yang sadar hukum.

Pengasuh: 

  1. Dr. KH. Ahmad Yubaidi, S.H., S.Pd, M.H.
  2. Prof. Dr. Dra Hj. Binti Maunah, M.Pd.I

Narahubung:  

  • 0812-2764-636

2. Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah

Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah, Ajak Santri Mondok Sambil Kuliah, Bukan  Kuliah Sambil Mondok - Tribunjogja.com
Sumber: jogja.tribunnews.com

Pondok pesantren Al Luqmaniyyah menempati lokasi seluas 1.250 m2 di dukuh Kalangan, kelurahan Pandean, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Sistem pendidikan Ponpes Al Luqmaniyyah berkiblat pada sistem yang dipakai Asrama Pendidikan Islam (API) Tegalrejo, Magelang, termasuk pada kegiatan wajib kepesantrenan. Sebagai salah satu contoh, Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah mewajibkan para santrinya untuk mujahadah setiap ba’da maghrib dan qobla subuh. Selain itu, santri-santri juga dianjurkan untuk melakukan riyadloh sebagai sarana untuk mempersiapkan diri menerima ilmu yang bermanfaat.

Visi Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Tampil Unggul dan Berkualitas dalam Ilmu Agama dan Amal Shaleh Bagi Peradaban. Adapun Misinya adalah sebagai berikut, pertama, Mengkaji dan mengembangkan ilmu agama yang berbasis pada kitab-kitab mu’tabarah, kedua, Melaksanakan kegiatan sosial secara aktif baik yang bersifat internal maupun eksternal pondok, ketiga, Meningkatkan peran serta pondok dalam menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat, keempat, Meningkatkan kepekaan santri dalam berinteraksi dengan masyarakat dalam konteks sosial gotong royong.

Pengasuh:

Abah Kyai Na’imul Wa’in

Narahubung:

(0274) 377838

3. Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri

Sumber: Facebook.com

Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri merupakan bentuk lembaga sosial keagamaan yang keberadaannya telah diakui sebagai salah satu lembaga pendidikan yang lebih menekankan pada bidang kajian tafaqquh fiddin serta sebagai wahana pencetak kader muda penerus cita-cita perjuangan bangsa dan pembangunan nasional yang berakhlaqul karimah. Secara geografis Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri terletak di Jl. Raden Ronggo KG II/981 Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta.

Adapun Visi Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri adalah Terwujudnya generasi Muslimah yang bertakwa, berilmu, berakhlak karimah, tangguh dan berperan aktif dalam  memajukan masyarakat, Bangsa, Negara dan Agama serta menempuh manhaj Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kemudian, Misi Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri adalah sebagai berikut; pertama, Membentuk dan mengembangkan generasi Muslimah yang beriman dan istiqamah dalam ketakwaan kepada Allah SWT serta menempuh manhaj Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kedua, Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  melalui pendekatan keagamaan, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, ketiga,  Membentuk generasi Muslimah yang berjiwa ikhlas, mandiri dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari, keempat, Menyiapkan generasi Muslimah yang  tangguh dalam  menghadapi tantangan masa depan dengan memegang teguh prinsip agama, dan kelima, Membentuk dan mengembangkan generasi Muslimah  yang  mampu  berperan aktif dan kritis dalam pembinaan dan pengembangan  masyarakat, Bangsa, Negara dan Agama dengan keilmuannya.

Pengasuh:

Ibu Nyai Hj. Barokah Nawawi

Narahubung:

(0274) 374469)

4. Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ein

Sumber: ppkhm-yogya.blogspot.com

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien letaknya berdekatan dengan sejumlah pondok pesantren lainnya, seperti Pondok Pesantren Nurul Ummah dan Pondok Pesantren Nurul Ummahat Kotagede. Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien berdiri pada tanggal 12 Maulid 1432 H bertepatan dengan tanggal 15 Februari 2011, yang berlandaskan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, di mana santri di pondok ini dididik untuk mendalami, menghayati, mengkaji dan mempelajari agama.

Pondok Pesantren ini adalah pondok salafiyah. Tapi bukan salafiyah murni. Para santri tidak selalu berada di pondok karena aktifitas mereka kuliah. Salafiyah yang kita terapkan adalah materi pelajaran yang memakai kitab-kitab salaf. Selain itu, Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien rutin melakukan kegiatan mujahadah dan kajian kitab-kitab salaf memakai sistem bandongan dan sorogan.

Pengasuh:

K.H. Munir Syafa’at

Nyai Hj. Barokah Nawawi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *